Muslim yg membiarkan saudaranya terjebak keburukan, keburukan itu pasti berlahan menghampirinya

Muslim yg membiarkan saudaranya terjebak keburukan, keburukan itu pasti berlahan menghampirinya

Minggu, 21 April 2013

Ibadah research

By on 21.4.13


Ibadah dalam islam merupakan bagian dari syariah islam, sewajarnya dengan semakin banyaknya seorang menggetahui/memiliki ilmu tentang islam akan semakin besarlah motivasinya dalam beribadah. Dan efeknya semakin banyaknya ibadah yang ia lakukan.
Namun kenyataannya banyak orang yang malah meninggalkan sisi ibadah dan merasa cukup dengan ilmu keislamannya meninggalakan kewajiban ibadah, dan jelas merupakan sebuah kegagalan dalam berislam. Karena syariat yang dicontohkan oleh Rasulullah merupakan satu paket yang tidak dapat terlepas dari islam. Rasulullah SAW sebagai seorang manusia terbaikpun melakukan ibadah kepada Allah dengan luar biasanya. Mengapa umat setelahnya malah melupakan kewajiban ibadah ini.
Dapat dikatakan jika seorang manusia dipilih oleh Allah SWT tentu olehNya akan diberikan  kekuatan untuk melaksanakan ibadah. Dan Rasulullah SAW merupakan contoh nyata.
Ide konsep Ibadah research muncul ketika seorang menyadari  yang ilmu agamanya minim namun dia dimudahkan dan diberikan kekuatan untuk istiqomah beribadah. Dan semakin banyak ibadah yang ia lakukan semakin ia terbangun untuk memperdalam ilmu agamanya.
Kenyataan yang bertentangan dengan teori. Akhirnya timbul pertanyaan? Yang berusaha menjawab kenapa harus dengan ibadah terlebih dahulu maka berangsur-angsur Allah SWT memberikan pemahaman tentang agamnya?

Jawaban terbaik adalah Allah SWT yang paling tahu apa yang terbaik tentang makluNya.
Pemuda itu kembali bertanya “Terbaik seperti apakah yang Allah SWT berikan pada dirinya?”
Ibadah research adalah bagian upaya untuk menjawab pertanyaan ini.
Rahasia apa yang terkandung dalam Ibadah? Yang membuatnya sebanding untuk menjadi bagian dari Islam?
Kenyataan bahwa kini umat islam terpuruk, dan sebagian besar umat islam tidak melaksanakan ibadah –karena merasa berat- silogisme dengan umat islam terpuruk karena tidak melaksankan ibadah dan ibadahnya belum mampu menggerakkan hatinya untuk menjadi manusia pilihan.
Sebagai seorang muslim tentu harus memotivasi diri untuk senantiasa meningkatkan ibadahnya, Ibadah yang rutin akan bisa mengajarkan manusia apa hakekat dan rahasia dari ibadah dalam Islam. Sangat wajar bahwa rahasia itu hanya berhal diketahui oleh orang muslim, dan caranya adalah dengan memperbanyak ibadah. (pengantar tulisanku: Rahasia Di Balik Rahasia (Islam))



IR Pradhana


IR=Ibadah Research

1 komentar:

  1. thanks gan, postingan bermutu nih...
    semoga umat muslim baca postingan ini terus.. kita sadar dan memperbaiki kualitas.. ibadah kita..
    ammiinn,,,,,,

    BalasHapus

Saya sematkan ucapan terimakasih atas kunjungan dan komentar Anda. Semoga semakin jelas apa yang selama ini meragukan pribadi Anda! Salam Sukses dan Salam Bahagia
ttd
Han Prahara & Ailuana Jr