Muslim yg membiarkan saudaranya terjebak keburukan, keburukan itu pasti berlahan menghampirinya

Muslim yg membiarkan saudaranya terjebak keburukan, keburukan itu pasti berlahan menghampirinya

Rabu, 24 Februari 2016

1001 cara Berbagi Sedekah

By on 24.2.16

🍄SEDEKAH KREATIF🍄

🍚🍗🍤🍖 Siapkan nasi bungkus  dari rumah. Berikan ke yang kira2 membutuhkan. Pedagang kecil. Pengemis. Orang gila. Pengamen. Anak terlantar etc. Ngga usah banyak juga gpp. Misal 1 bungkus setiap harinya

🚿🛁🛀 Laundry/cucikan Mukena secara berkala musholla yg ada disekitar lingkungan kita

👘👰👘 Berkala beli Mukena baru. Misal 3 bulan sekali. Malu dong sama Allah pake itu-itu mulu. Yang lama? Ya disedekahin ;)

🎁🎁🎁 Bawa Mukena ketika akan berpergian. Tinggalkan di masjid/ musholla yg kita singgahi

👚👕👔 Beli kamper/pengharum baju. Taruh di kumpulan mukena di masjid/musholla yg kita singgahi

🎁🎁🎁 Bungkus perlengkapan shalat (Mukena, sarung, sajadah, kopiah, Al Qur'an jadikan parcel ketika lebaran. Berikan ke satpam komplek atau tukang kebersihan komplek atau office boy dikantor. 1 parcel senilai 100ribu aja. Pahalanya bisa terus-terusan. InsyaAllah

👟👞👡 Beli beberapa pasang sandal (banyak yang 10ribuan sepasang). Taruh di kantor atau musholla dan masjid untuk di gunakan ketika berwudhu

🚿🛁🚿 Beli perlengkapan untuk membersihkan toilet, juga pengharum ruangan berikan secara berkala ke masjid2

👳👦👳 Buat yang shalat Jum'at. Datang 15 menit lebih awal. Bantu bersih-bersih dan beres-beres. Ga kebayang pahalanya orang nyaman shalat gara-gara kita :)

🚿🛁🚿 Kalau berwudhu kumpulkan airnya dalam ember (ditadahin gitu), sedekahkan untuk tanaman (sedekah alam)

🍶🍼🍶 Kumpulkan botol minuman plastik/ botol bekas shampoo etc. Rusak dulu. Misal patahkan tutup botolnya. Agar tidak disalahgunakan. Setelah banyak berikan ke pemulung.

Belum pernah kan liat mata pemulung berbinar2 sambil ngucapin makasih berulang-ulang. Buat kita ngga ada harganya. Buat mereka langsung dikasih banyak yg mereka cari itu ruarr biasa rasanya #seka_air_mata

🚚 🚛 🚚 Lakukan sorting sampah di rumah, menjadi :
- Sampah wadah kemasan, plastik, kantong [untuk pemulung].
- Sampah dapur [untuk dijadikan kompos, sedekah untuk alam]
- Sampah kertas/karton [untuk pemulung]
- Sampah campuran [plus bayar iuran sampah, untuk sedekah tukang sampah]
- Sampah tulang [Buat mpus]

🍸🍹🍷 Kalau beli/disuguhi air minum dalam kemasan, kalau ada sisa bawa pulang. Airnya bisa disedekahkan untuk tanaman (sedekah alam), dan wadahnya dikumpulkan.

🍗🍛🍖🍶  Kalau piknik dan bepergian or makan diluar bawa tempat sampah untuk dibawa pulang, sehingga bisa disedekahkan sampahnya (lihat butir di atas). Serta memberi sedekah kepada orang lain, karena menggunungnya sampah. Inget sampah tulang buat mpus yang udah nunggu dirumah. Semuanya jadi bermanfaat ga ada yang mubazir

🐦🐧🐦🐧 Beli beberapa burung (yang murah aja) lepaskan ke alam bebas

🐯🐯🐯 Beli makanan mpus siap saji (wis***) taruh di tas (toplesin). Ketika dijalan ketemu kucing liar berikan. (cat lovers pastinya agree bingits nih)

🍶🍼🍶  Beli barang diskonan di supermarket agak banyak. Misal detergent, minyak goreng, sabun, buku tulis, pulpen kemudian bungkus cantik hadiahkan ke panti asuhan atau rumah singgah

🙅🙅🙅 Jangan nawar sama pedagang kecil. Kalo bisa kasih lebih

📎📰🔧Beli tissue atau keperluan yg remeh temeh di pedagang kecil yg kita jumpai. Beli tissue 2000 rupiah atau ikat rambut atau peniti udah bikin mereka senang

🍟🍤🍛🍧 Ketika makan di kaki lima ada pengemis atau anak terlantar beliin mereka seporsi seperti yang kita makan (mungkin sekitar 15ribuan seporsi nasi uduk ayam goreng atau roti bakar)

🍰🎂🍫🍞 Siapa yg suka jualan makanan kecil dikantor? Gratisin buat yg buka puasa. Kebayangkan gorengan 2000 bisa bikin kita masuk surga. InsyaAllah

🍰🎂🍫🍞 Ada pembangunan masjid? Bisa bikin gorengan? Berikan beberapa ke pekerja. Misal 50 bakwan goreng dengan modal 25rb bisa bikin senang yg kerja :D

🙋🙋🙋 Selalu siap jika dimintai tolong tenaga jika sedekah materi belum bisa kita lakukan

🚕🚋🚍💴 Bayar lebih ketika naik angkot yang supirnya kakek2 atau bapak tua

💴💰💷 Kasih tips lebih buat ibu/abang ojek online kalo kira-kira jaraknya jauh dan juga kondisi mereka yg kira2 memprihatinkan (tua misalnya)

💴🚍🚖 Ketika di bis/di angkot. Bayarin nenek-kakek yg keliatan kurang mampu/ Suami istri yg buta :'(

🍷🍹🍸 Pas bulan Ramadan. Diperkirakan buka puasa diperjalanan. Angkot, bis, kereta, busway etc. Siapkan beberapa air mineral (gelas) pas adzan bagi-bagi. Kebayang beli 5000 aja udah dapat 10. Kita dapat 10 pahala beri minuman orang berbuka. InsyaAllah

✈🚗🚙🚀 Tawarkan temen kita yang searah. Jika kita bawa kendaraan. Ingat ini yg sesama gen nya yaa :) kalo beda gen bisa panjang urusannya kalo terus menerus (paham kan?)

🎨😎🎨 Buat Designer Grafis/ animator. Bantu bikin design poster Kajian/ bikin obb bumper buat video Kajian. Free😘

🎥📹🎥 Buat Cameraman. Bantu ambil gambar pada saat Kajian. Untuk disebarluaskan di sosmed. Free juga dong 😘

🔈📣💻 Buat para editor. Bantu ngedit video Kajian untuk disebar di sosmed or YouTube. Free pastinya 😘

📝📄📃 Catat poin yang penting-penting ketika ikut Kajian. Seminar parenting or seminar-seminar yg bermanfaat buat banyak orang. Lalu ketik. Sebar di Whatsapp juga sosmed lainnya

🏰🏩🏰 Kebiasaan kami sekeluarga besar, kalau  liburan atau pulkam... Anak laki-laki diberi tugas bersihin toilet dan tempat wudhu masjid. Liburan yg keren kan ;)

🚲🐥🐸🚀 Rutin mensortir mainan anak-anak kita. Buy 1 give 1. Ketika beli mainan baru harus ada 1 mainan yang disedekahkan. Ajari dan ajak anak kita ketika memberi mainan tersebut ke temannya atau panti asuhan

🚲🐥🐸🚀 Anak ultah? Bikin goodie bags. Kasih ke Panti Asuhan bareng anak. Ini melatih sikap empati anak kepada sesama.

👦👳👸 Punya ilmu? Misal bisa gambar, bisa ngajar Al Qur'an/Iqr, bhs  Inggris.... Jago matematika. Suka dunia anak atau apapun bahkan hanya membacakan cerita... Sesekali pas wiken dateng deh ke rumah singgah. Buka kelas. Kebayang happy nya anak-anak terlantar di ajarin sama kakak yang mumpuni di bidangnya. Sahabat saya graphic designer handal udah melakukan ini. Beliau ngajarin gambar anak-anak

👭👬👫 Beberapa bisa dilakukan dengan anak-anak kita. Biarkan anak-anak kita melihat kebaikan yang orang tuanya lakukan. Karena satu contoh perbuatan akan lebih efektif dari 100 nasehat. Semoga kebaikan-kebaikan ini selalu ada penerusnya hingga akhir jaman. Aamiin

Children see... Children do. Make your influence positif

📝📄📃 Share pesan ini semoga jadi salah satu timbangan amal jariyah kita nanti. Aamiin

Sumber : Hamba Allah  SWT

Selasa, 16 Februari 2016

Win-Win Solusi ajaran Islam

By on 16.2.16

Sebuah hadist mengatakan bahwa ada ibadah yang setara dengan ibadah sepanjang malam atau sama dengan haji dan umrah. Padahal hanya sholat dua rakaat diwaktu tertentu dengan istiqomah atau bekerja dengan keras dalam kerangka yang halal dst.

Bagi saya ini sangat Indah bagaimana Islam mengajarkan banyak jalan yang bisa dipilih setiap orang sesuai kemampuannya. Karena ada orang yg lebih mudah beridah lama dari pada harus bekerja terlalu keras karena kebutuhannya tercukupi dan ada pula yang punya sedikit waktu ibadah karena harus bekerja keras untuk bekerja keras. Semua Allah muliakan malah terkadang yang bekerja keras lebih bernilai.

Yang sama dari keduanya adalah dalam hati mereka harus ada keyakinan kepada Allah, rasul, malaikat, kitab, takdir dan hari akhir. Jika tanpa itu meski beribadah atau bekerja keras sungguh tidak ada nilainya dimata Allah SWT.

Yang kedua ini mengingatkan kita, bahwa bisa jadi ada dua organisasi Islam atau lebih dinegeri ini dengan pendekatan yang berbeda namun dimata Allah kedua nya sama memiliki nilai yang tinggi. Jangan sampai karena kita menjadi salah satu diantara mereka maka mengucilkan yang lain.
Jangam sampai yang bekerja keras menjelekkan yang banyak ibadah atau sebaliknya. Allahlah yang Maha Tahu dan seharusnya kita jaga dalam hati kita. Jika kita mencintai Allah maka cintailah pula yang Allah SWT cintai.

Bukankah itu yang akan kita lakukan kepada seorang yang kita cintai sebagai seorang manusia

Sabtu, 13 Februari 2016

Mendapat kerja dengan pindah agama

By on 13.2.16

Naudzubillahimindzalik. Semoga mereka yang fakir tetap menjaga kekayaan mereka yang sesungguhnya yaitu Islam dan pasti balasannya besar dari Allah SWT.

Semakin kehidupan sulit dinegeri ini maka semakin banyak orang yang akan diuji dengan pekerjaan. Bahkan dengan sedikit uang karena keadaan yang mengenaskan hingga tergoda untuk menggadaikan keyakinan.

Tidak luput dunia maya menjadi ajang perebutan lahan dengan penghasilan yang minim mereka membully seseorang yang terkadang hati kecil mereka tahu itu salah.

Maka kepedulian kita kepada kehidupan masyarakat penting nilainya. Jika Anda pemimpin jangan biarkan bawahan Anda menjadi yang fakir.

Tanpa Agama Dunua Akan Semakin Cepat Musnah

By on 13.2.16

Banyak sudah hal populer (pemahaman) yang ternyata menghancurkan diri kita, untungnya orang yang beragama memiliki pemahaman dasar meski tidak populer dalam dirinya namun ketika kita butuh maka pemahaman dasar yang sedikit ini mampu kita bangun menjadi penanding dari paham yang rusak kerusakan.

Sebenarnya satu hal yang bisa membantu adalah pengetahuan sehingga kita mampu memilah dengan yang baik dan buruk, sayangnya sangat jarang seaorang yang mempunyai waktu untuk belajar secara maksimal selama hidupnya. Dan untuk menguasai dengan baik harusnya hanya bisa bidang tertentu.

Kelebihan lain agama dengan keyakinannya bisa dimiliki setiap orang, bahkan mereka yang terbatas pengetahuannya. Maka agama yang benar adalah yang menyamakan setiap pemeluknya dimata Tuhan. Sangat adil sekali, adil bukan berarti sama rata namun sesuai pada tempatnya.

COMPETITION vs COOPERATION

By on 13.2.16

Ijin share pengalaman dari seseorang yang sekarang bekerja di Chevron, California...

Bagus untuk anak2 kita:

COMPETITION vs COOPERATION

Jumat lalu kedua anak saya menerima Report Card dari sekolahnya Ronald Reagan Elementary School.
Di Indonesia namanya rapot.

Melihat keduanya dapat nilai-nilai yang sangat bagus sementara tidak tercantum info tentang ranking, saya tergoda bertanya ke salah satu gurunya.

“Anak saya ranking berapa, Ms. Batey?”.

“Kenapa anda orang Asia selalu nanya gitu?”,jawabnya.
(Weleh, salah apa ane gan, batin saya.)

“Anda sangat suka sekali berkompetisi.

Di level anak anda, tidak ada ranking2an.

Tidak ada kompetisi.

Kami mengajari mereka tentang cooperation alias kerjasama.

Mereka harus bisa bekerja dalam team work dan mereka harus bisa cepat bersosialisasi dan beradaptasi.

Mereka harus punya banyak teman.

Lebih penting bagi kami untuk mengajari mereka story telling dan bagaimana mengungkapkan isi pikiran dalam bahasa yang terstruktur dan sistematis.

Kami mengajari mereka logika dalam setiap kalimat yang mereka ucapkan.”

(Dari sini rupanya kenapa teman2 saya di kantor mentalnya ”How can I help you”, hampir tidak pernah saya lihat jegal-jegalan.
Dan di US, hampir semua profesi mendapatkan penghasilan yang layak, tidak harus semua jadi “dokter” seperti di Indonesia.

Semua orang boleh mencari penghidupan sesuai passionnya, sehingga semua bidang kehidupan sangat berkembang maju karena diisi orang2 yang bekerja dengan gairah).

Weleh…saya jadi ingat, memang pendidikan di negeri saya sangat kompetitif.

Banyak orangtua yang narsis memajang prestasi anak-anaknya di sosmed.

Tanpa disadari sebagian dari mereka nanti akan tumbuh menjadi orang-orang yang terlalu suka berkompetisi dan lupa bekerjasama.

Kiri kanannya dianggap saingan dan dirinya harus menjadi yang terbaik.

Mending kalo dia mengembangkan dirinya supaya menang persaingan, yang ada kadang mereka menunjukkan baiknya dirinya dengan cara menungkapkan jeleknya orang lain.

Kalo bukan kita siapa lagi, begitu jargonnya…

Wuih, betapa arogannya, seakan-akan yang lain tidak mampu dan hanya dia yang mampu.

Sakit mentalnya….

Aku menang….aku menang…..begitu suara anak-anak dari sebuah gang di ibukota.

Entah permainan apa yang dimenangkannya…..

Entah kapan dia sadar bahwa hidup bukan melulu soal menang dan kalah.

Bakersfield, Jan 2016

Share from WA

Rabu, 10 Februari 2016

Lebih Kuat sedikit yang bersungguh sungguh dari pada banyak yang ketakutan

By on 10.2.16

Setiap hal harus di sikapi sesuai kadarnya. Jangan sampai fokus kita dikaburkan dengan banyaknya penghinaan terhadap simbol Islam.

Sungguh sangat mudah membalikkan keadaan yang buruk menjadi baik, dan sangat sulit mengubah kebaikan menjadi buruk kecuali sedikit demi sedikit. Namun dalam hal sedikit inilah yg menjadi kepuasan fatamorgana.

Senin, 08 Februari 2016

Sholat tidak diawal waktu sangat beresiko

By on 8.2.16

Jika anda tidak sholat di awal waktu ada beberapa hal yang hal dapat menyebabkan kita dapat tertinggal dan sampai melewatkan sholat yang merupakan kewajiban bagi kita.

1. Ibadah sholat akan terasa semakin berat jika dilaksanakan diwaktu yang akhir, karena bisa ada kegiatan yang mendadak harus anda kerjakan padahal sholat belum anda kerjakan.

2. Bisa Anda tertidur hingga melewati waktu sholat sehingga anda kehilangan keutamaan sholat tepat waktu, dan ini harus Anda khodok sehingga rakaatnya menjadi lebih banyak dan segera istigfar dan mohon ampunan kepada Allah. Imam syafii menyesali seumur hidupnya dan tidak mau lagi tidur siang karena tertinggal sholat asar diawal waktu

3. Ada kaidah yang mengatakan jika saat ini anda tidak melakukan hal yang benar berarti Anda sedang dalam kesalahan. Maka mari kita lakukan ibadah wajib seawal mungkin dan semoga kita beruntung dunia dan akhirat.

Dalam sebuah bijak mengatakan jika Anda merasa berat untuk belajar saat ini maka Anda akan mengalami hidup yang berat dimasa depan.
Demikian dan lebih lagi terhadap perintah sholat.

Allahualam bi aah showab.